Jumat, 24 September 2010

RUBIK ====== Si Kotak Ajaib

Tahun ini, ada mainan lama yang tiba-tiba booming di kalangan masyarakat. Mainan tersebut yaitu si kotak warna-warni Rubik. Di mana-mana banyak yang menjual dengan harga dan model yang macem-macem. Apa sebenarnya yang menarik dari kotak warna-warni ini?

Serba-serbi RUBIK

Kelahiran
Tahun 1974, seorang profesor ilmu arsitektur asal budapest, Hungaria mencoba membuat satu alat peraga untuk menjelaskan tentang ilmu "geometri" bangun ruang 3 dimensi. Profesor yang kreatif ini bernama Erno Rubik. Namun, bukannya menghasilkan model alat peraga yang gimana-gimana, Prof. Rubik ini malah buat suatu mainan dari 26 balok kayu yang disambung-sambung dan bisa diputar-putar.

Jelas, model awal ini agak beda dengan rubik yang kita kenal sekarang. Meski begitu, itulah awal lahirnya kotak ajaib ini. Uniknya, Prof. Rubik sendiri konon sempat hampir putus asa waktu mainin karyanya sendiri. Gimana ngak, kalo dihitung-hitung kemungkinan buat bikin variasi warna dari kotak ini saja bisa sampai 43.252.003.274.489.856.000 variasi!!!. Tanpa petunjuk, Prof. Rubik perlu waktu sebulan buat menemukan kombinasi yang sempurna. Meski begitu, menurut perhitungan, komputer saat ini, satu kombinasi sempurna sebenarnya bisa dibuat dengan kurang dari 20 langkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar